Bicara Wedding Photography, Gak Cuma Soal Lighting tapi ini Juga Penting

3 Februari 2019 15:39
Bicara Wedding Photography, Gak Cuma Soal Lighting tapi ini Juga Penting Arah cahaya dalam teknik fotografi via Sentradigital.com

Lighting Photography

Fotografer yang berpengalaman akan selalu mempertimbangkan arah cahaya, baik itu cahaya alami atau cahaya buatan. Kualitas cahaya ini sendiri sangat beragam, baik itu cahaya matahari atau cahaya dari lampu-lampu atau benda yang berpijar dan menghasilkan cahaya.

Hal terpenting dalam melihat kualitas cahaya adalah keseimbangan antara highlight dan shadow, karena hal ini terjadi berdasarkan dari arah cahaya itu sendiri. Di dalamnya ada Front Light, atau cahaya di depan objek, sehingga pada bagian depan objek akan mendapat cahaya penuh.

Oval Light, adalah posisi cahaya berada pada 3/4 objek, sehingga terdapat sedikit bayangan pada belakang objek. Side Light, di mana cahaya ada pada sisi samping dari objek, sehingga bayangan dan terang objek akan terbagi menjadi dua, bagian terang dan bayangan dalam posisi berlawanan.

Rim Light adalah cahaya yang ada di belakang dengan sudut 1/4 objek, sehingga depan objek akan gelap dan timbul garis cahaya di tepiannya. Sedangkan Back Light di mana cahaya tepat di belakang objek, sehingga sisi depan menjadi gelap dan tercipta garis cahaya di belakang objek secara tegas.

Kelima posisi cahaya ini harus dikuasai fotografer untuk menciptakan foto yang berdimensi. Dian Yohanes menjelaskan bahwa fotografer tak harus takut adanya bayangan/shadow pada foto, karena dengan teknik yang tepat, bayangan justru akan menambah estetika seni pada foto.

Dnadyaksa Tirtapavitra 1430
#Lumajang #Fotografi, Fotografer #Komunitas #Komunitas Photographer Keliling (Kopling) #Pendopo Arya Wiraraja Lumajang #Gedung PKK Lumajang

© 2018 visitlumajang.com