Cak Nun ate Nang Lumajang loh Rek!

10 September 2018 00:01
Cak Nun ate Nang Lumajang loh Rek! Maiyah Bromo di Ranu Klakah (09/09) via VisitLumajang/istimewa

Maiyah adalah sebuah forum yang sudah berlangsung cukup lama, telah melalui proses dan perjalanan panjang. Bukan hal yang mudah tentunya menjaga sebuah kontinuitas berjalannya forum diskusi yang sangat cair ini. Begitu cairnya Maiyah, bahkan Maiyah disebut sebagai sebuah laboratorium ilmu yang sangat unik.

Maiyah belakangan ini menjadi fenomena yang digandrungi banyak masyarakat. Pengajian bersama Cak Nun (Emha Ainun Nadjib) ini bisa menjadi oase kesejukan di tengah masyarakat.

Di Lumajang sendiri, pengajian ini sudah berdiri sejak 7 bulan terakhir dan telah menggelar 7 kali forum diskusi ala Maiyahan. Maiyah dalam arti yang lebih spesifik juga bisa disebut sebagai Lembaga Pendidikan yang tentu saja tidak berupa lembaga yang sangat formal seperti lembaga pendidikan kebanyakan saat ini, seperti halnya saat jamaah ini menggelar forum di tepi danau Ranu Klakah, Minggu (09/09).

"Sebelumnya saat awal berdiri kami bernama Maiyah Wiraraja, namun dalam pertemuan terakhir kami sepakat berganti nama menjadi Maiyah Bromo," tutur Widad, salah seorang pegiat Maiyah, kepada LumajangTimes.

"Setiap bulan kami mendapat Daur (materi kajian) dari Cak Nun untuk dikaji bersama, untuk pertemuan tadi siang temanya Anak Asuh Yang Bernama Indonesia," tambahnya.

Visit Lumajang 739
#Klakah #Yosowilangun #Pengajian Umum #Ranu Klakah #Danau - Ranu #Maiyah Bromo #Islam Nusantara #Pendidikan #Forum Diskusi

© 2018 visitlumajang.com