Candipuro: Kota Tua di Sisi Selatan Lumajang

13 April 2020 18:36
Candipuro: Kota Tua di Sisi Selatan Lumajang Reruntuhan Candi Gedong Putri di Candipuro Lumajang. Foto: Kompasiana/Aries P.

Tempat Nararya Kirana Bertahta

Kondisi geografis Candipuro yang berada di lereng Semeru juga membuat wilayah ini berkembang menjadi kota kuno yang cukup ramai di zamannya.

Perlu diketahui bahwa lereng Semeru sisi selatan ini diyakini merupakan penghubung ke Kadiri dan Singhasari. Dulunya perkembangan kota di wilayah Lumajang ini bermula dari wilayah selatan dan barat.

Keberadaan Semeru sebagai tujuan perjalanan suci (Tirthayatra) juga turut menjadi faktor perkembangan wilayah selatan termasuk Candipuro menjadi kota kuno yang ramai.

Wilayah Candipuro ini juga diidentikkan dengan tempat Nararya Kirana bertahta memimpin Kadipaten Lamajang di bawah Singhasari saat ini.

Hal ini mengingat Gedong Putri di mana dulunya ditinggali seorang putri merujuk pada pemimpin perempuan pada masa itu.

Dari kajian arkeologis juga bisa dibuktikan bahwa kota Candipuro lebih tua daripada kota di wilayah Lumajang utara dan timur.

Ini terbukti dari peninggalannya yang berbahan batuan andesit, sementara di bagian utara dan timur hampir semua peninggalannya terbuat dari batu bata yang mana masanya lebih muda.

FEATURED VIDEO: Pesona Gunung Wayang Candipuro

Lutfia Amerta Sanjiwani 1869
#Gunung Semeru #Candipuro #Lamajang Tigang Juru #Candi #Situs Gedong Putri #Sejarah

© 2018 visitlumajang.com