Ekowisata dan Transformasi Ekonomi Perdesaan

img-tumb Luchman Hakim dan Agus Wiyono saat memberikan paparan kepada peserta. VisitLumajang/dna
Ad Space Available!
Content Ads

Faktor krusial

Dilanjutkan juga oleh Prof. Iwan, bahwa dalam pengembangan pariwisata ini, kita harus memahami dulu alasan orang berwisata. Ini penting untuk meletakkan cara berpikir kita dalam menjual produk ekowisata dan/atau agrowisata.

"Memahami karakter wisatawan, menyediakan kebutuhan mereka, bagaimana produk dan kemasan (barang/jasa -red.)," tambahnya.

Agus Wiyono, seorang pegiat ekowisata yang juga seorang praktisi di tempat yang sama menambahkan beberapa faktor krusial dalam pengembangan produk ekowisata.

"Biasanya saat transisi kepemimpinan di kelembagaan, entah itu lembaga formal maupun informal yang akan berpengaruh pada keberlanjutan/sustainability ekowisata yang dikembangkan. Untuk itu perlu juga daya dukung dari mitra strategis," ungkap Agus yang juga aktif di EJEF.

East Java Ecotourism Forum (EJEF) merupakan forum yang berisi para pegiat ekowisata di Jawa Timur, sebagai ajang berbagi informasi (sharing knowledge) dan komunikasi.

Kuliah umum seperti ini sudah beberapa kali dilaksanakan dengan diakomodir Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Brawijaya Malang. Hal ini tak lepas dari dukungan penuh Luchman Hakim, Ph.D. sebagai Ketua Jurusan Biologi yang juga salah satu founder EJEF.[]

Dilihat 287 kali | Tags: #East Java Ecotourism Forum
Ad Space Available!
Mini Middle Ads