Grebeg Suro, Prosesi dan Upaya Pelestarian Tradisi di Desa Klanting

Kesenian Reog di Grebeg Suro Desa Klanting (11/09) via VisitLumajang/dna

Sedekah Desa

Setelah seluruh warga berkumpul di Balai Desa, mereka berjalan beriringan bersama perangkat desa menuju lapangan Desa Klanting, untuk mengikuti prosesi puncak Grebeg Suro. Kepala Desa Sri Purwati, unsur Muspika serta sejumlah tokoh agama dan masyarakat juga hadir pada acara ini.

Di lapangan, ribuan orang sudah siap menanti acara puncak. Dalam prosesi yang dimulai pukul 2 siang tersebut, warga menggelar doa bersama untuk keselamatan dan kemakmuran seluruh warga desa.

Tiba saat yang dinanti, seluruh Gunungan dari warga diperebutkan oleh warga. Warga tak peduli harus berebut dan berdesakan satu sama lain, tak hanya diyakini bisa mendatangkan keberkahan, tradisi semacam ini juga untuk mengakrabkan antar warga.

"Di tahun-tahun sebelumnya warga di sini rutin menggelar Sedekah Desa, biasanya hanya menggelar tasyakuran atau pertunjukan wayang kulit, namun di tahun ini Desa Gesang menggelar Grebeg Suro secara besar-besaran," tambah warga asli Desa Klanting tersebut.

Warga antusias berkumpul bersama mengikuti sejumlah acara ini, terbukti secara swadaya atau patungan mereka turut memeriahkan Grebeg Suro Desa Klanting. Saat kirab Gunungan dari Balai Desa ke lapangan, warga juga mengenakan berbagai kostum tradisional. Acara terakhir ditutup dengan makan bersama seluruh warga desa.