Hari Peduli Sampah Nasional 2019, DLH Lumajang Menggelar Pameran Kerajinan Daur Ulang Sampah

9 Maret 2019 22:08 Hari Peduli Sampah Nasional
Hari Peduli Sampah Nasional 2019, DLH Lumajang Menggelar Pameran Kerajinan Daur Ulang Sampah Stan bank sampah milik masyarakat di Pameran Hari Peduli Sampah Nasional 2019 via VisitLumajang/def

Reduce, Reuse, Recycle

"Bahwasannya pengelolaan sampah itu harus dimulai dari sumbernya yaitu rumah masing-masing dengan menggunakan sistem 3R; Reduce, Reuse, Recycle. Masing-masing rumah minimal punya sampah organik dan anorganik," papar Danar.

Bank Sampah atau pengelolaan sampah melalui 3R ini itu bisa menjadi solusi peningkatan ekonomi di kalangan masyarakat. Ia juga berharap agar masyarakat bisa memilah sampah setidaknya dari rumah masing-masing, sekaligus mulai mengolah sampah yang bisa dimanfaatkan.

"Jadi ketika ada sampah yang bernilai ekonomis itu harus dijual. Seperti contoh sampah organik diolah menjadi pupuk, sampah anorganik bisa dibuat kerajinan," tambahnya.

Pameran dalam rangka Hari Sampah Nasional 2019 ini masih akan ada di event Car Free Day besok pagi. Puncaknya nanti di tanggal 15 Maret, akan ada aksi bersih-bersih sampah dan aksi cabut paku di pohon sepanjang perempatan ST sampai pertigaan Adipura Sukodono.

Ayo setorno sampahmu, Rek!

FEATURED VIDEO: Festival Pemuda Lumajang 2018

Ananda Kenyo 4850
#Lumajang #Alun-Alun #Car Free Day #Event #DLH Lumajang #Komunitas #Hari Peduli Sampah Nasional #Bank Sampah

© 2018 visitlumajang.com