Heboh Atraksi Hadang Begal di Puncak Pendak Siji Gatra Lumajang

10 Oktober 2018 21:01 Media Partner
Heboh Atraksi Hadang Begal di Puncak Pendak Siji Gatra Lumajang Pesilat wanita dari Pencak Organisasi di event Pendak Siji Gatra (08/10) via VisitLumajang/dna

Tentang Pencak Organisasi (PO)

"Kami latihan cuma sehari dari tadi siang, kebetulan aksi seperti ini memang biasa dilakukan saat latihan di Padepokan PO," ungkap Abdul Majid, pesilat senior yang memimpin adegan ini.

Pria yang kerap disapa Cak Majid ini sendiri sudah bergabung di perguruan silat asli Lumajang ini sejak tahun 1983. Pria yang bertempat tinggal di dekat Rusunawa (barat Pasar Baru) ini sekarang masih aktif menjadi pelatih di Pencak Organisasi.

Pencak Organisasi atau PO merupakan seni sekaligus olahraga beladiri yang lahir di Lumajang. Perguruan silat ini didirikan oleh Imam Suja'i yang juga tokoh pahlawan pejuang kemerdekaan, pada tanggal 27 Agustus 1927.

Awalnya Imam Suja'i mendirikan Pencak Organisasi sebagai gerakan bawah tanah untuk menggembleng kemampuan kanuragan untuk menentang penjajahan.

Dalam perkembangannya, PO punya tujuan mulia antara lain melestarikan budaya bangsa, memperkuat iman dan takwa sekaligus melindungi diri.

Seni beladiri silat merupakan salah satu dari sekian rumpun budaya di Indonesia. Sudah selayaknya kita sebagai generasi muda perlu melestarikan seni beladiri pencak silat. Apalagi cabang olahraga silat sekarang bukan hanya dipertandingkan di ajang olahraga berskala nasional, tapi juga internasional.

Dnadyaksa Tirtapavitra 2102
#Lumajang #Seni Budaya #Media Partner #Gatra Semeru #Sejarah #Bunda Indah #Gedung Narawita Agung #Pencak Organisasi

© 2018 visitlumajang.com