Mahameru: Tempatnya Para Dewa, Surganya Para Pendaki

29 Januari 2017 11:48
Mahameru: Tempatnya Para Dewa, Surganya Para Pendaki Menggapai nirwana via Def Art

"Kemudian yang kamu perlukan hanyalah kaki yang akan melangkah lebih jauh, tangan yang akan berbuat lebih banyak, mata yang akan melihat lebih lama, leher yang akan lebih sering mendongak, tekad yang setebal baja, dan hati yang akan bekerja lebih keras serta mulut yang selalu berdoa."

Kalian pasti pernah mendengar ungkapan tersebut. Ya, ungkapan di atas dilukiskan oleh Donny Dhirgantoro, penulis novel 5 cm. Novel ini kemudian diangkat dalam layar lebar dan menjadi hits. Dari film itu orang memiliki gambaran luas tentang Mahameru, puncak gunung tertinggi di Pulau Jawa.

Gunung Semeru dengan puncaknya yang bernama Mahameru adalah gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian 3676 mdpl, dengan kawah gunung bernama Jonggring Salaka. Semeru kembali menjadi perhatian setelah booming-nya film 5 cm, tercatat ribuan orang berduyun-duyun menaikinya karena rasa penasaran atas gambaran di film tersebut.

Masyarakat penganut agama Hindu mempercayai 'dunia lain' tentang Gunung Meru, Gunung Meru dipercaya merupakan tempat bersemayam dewa-dewa, juga sarana penghubung antara bumi (manusia) dan kayangan. Karena itu masyarakat Jawa dan Bali sampai sekarang masih menganggap gunung sebagai tempat kediaman dewata, hyang atau makhluk lelembut lainnya.

Dnadyaksa Tirtapavitra 1348
#Ranu Kumbolo #Ranu Pani #Gunung Semeru #Senduro #Pura Mandara Giri Semeru Agung #Taman Nasional Bromo Tengger Semeru #Gunung

© 2018 visitlumajang.com