Melihat dari Dekat Keragaman Budaya Lumajang di Candipuro Culture Festival

14 September 2018 12:06
Melihat dari Dekat Keragaman Budaya Lumajang di Candipuro Culture Festival Grebeg Suro Desa Sumbermujur via Fb/Disparbud Lumajang

Tanam Kepala Sapi di Grebeg Suro Desa Sumbermujur

Desa Sumbermujur Candipuro lebih dikenal lewat wisata Hutan Bambu. Ekosistem alam yang masih terjaga di dalamnya, membuat reservoir mata air di hutan tersebut mampu menjamin ketersediaan air untuk 4 desa di sekitar Sumbermujur.

Tradisi menyambut 1 Suro selalu diadakan oleh masyarakat desa tersebut sejak berpuluh tahun lalu, di mana pada dasarnya ritual yang digelar adalah sebagai wujud rasa syukur atas nikmat yang diperoleh warga desa.

"Grebeg Suro di Desa Sumbermujur dipusatkan di wanawisata Hutan Bambu, berupa prosesi penanaman kepala sapi di dekat sumber mata air yang berperan penting bagi ribuan hekar sawah di sekitar Candipuro tersebut," papar Kades Sumbermujur Saiful.

Masyarakat juga menyiapkan Grebeg Gunungan yang sebelumnya diarak diiringi sejumlah tarian dan hiburan rakyat. Gunungan yang berisi hasil bumi warga ini, sebelumnya dikenal juga dengan tradisi sedekah desa. Setelah sejumlah prosesi dan laku doa dipanjatkan, masyarakat kemudian berebut isi Gunungan ini.

Dalam rangkaian Grebeg Suro di Desa Sumbermujur ini, banyak masyarakat dan wisatawan menunggu momen langka di sumber mata air. Hal tersebut ditandai dengan munculnya ikan seperti belut yang sering disebut uling oleh masyarakat setempat, ini merupakan momen langka karena jarang dan sulit untuk melihat ikan tersebut muncul dan hanya pada hajatan Grebeg Suro.

Dnadyaksa Tirtapavitra 1521
#Candipuro #Hutan Bambu Sumbermujur #Seni Budaya #Fotografi, Fotografer #Disparbud Lumajang #Madura, Pandhalungan #Desa #Candipuro Culture Festival #Tirtosari View

© 2018 visitlumajang.com