Membangun Mindset dan Mentalitas Pengusaha Muslim

24 Juni 2020 13:59 Inspiring People
Membangun Mindset dan Mentalitas Pengusaha Muslim Ilustrasi via @visitlumajangproject

Olah Raga Jiwa

2. Hati Sanubari yang Jernih. Pondasi yang kedua adalah hati sanubari yang jernih, yang merupakan pondasi bagi keikhlasan yang tak terbatas.

Bagaimana agar kita memiliki hati sanubari yang jernih? Ya, hati sanubari yang jernih lahir dari riyadhoh ruhiyah (olahraga jiwa) yang senantiasa kita jalankan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Di antara latihan riyadhoh ruhiyah yang akan melahirkan hati sanubari yang bersih antara lain sabar. Sabar di sini artinya tidak/senantiasa menghindarkan diri dari ghibah, iri, hasad, dengki, dan ujub.

Syukur, artinya senantiasa bersyukur atas segala karunia yang telah Allah limpahkan baik secara dhohir maupun batin.

Ridho. Kondisi hati yang lapang dalam menerima segala takdir yang dalam kehidupan, tanpa tapi, tanpa nanti. Jika 3 hal ini senantiasa kita latih, maka hati nurani yang jernih akan kita peroleh.

3. Sensitivitas. Memiliki sensitivitas adalah pondasi untuk membangun semangat yang terus bertambah. Berdasarkan sejarah, tercatat sebanyak 124.000 sahabat nabi.

Sepuluh ribu di antaranya dimakamkan di Makkah dan Madinah. Sementara sisanya makamnya tersebar di mana-mana, di seluruh dunia.

Bunda Novi 810
#Pemuda & Masyarakat #Islam #Bisnis, Wirausaha, Entrepreneur #Inspiring People #Inspirasi - Motivasi - Renungan

© 2018 visitlumajang.com