Mengenal Tradisi Grebeg Suro di Desa Sumbermujur Candipuro

13 September 2018 20:08
Mengenal Tradisi Grebeg Suro di Desa Sumbermujur Candipuro Grebeg Suro di Desa Sumbermujur, Candipuro, Lumajang (11/09) via VisitLumajang/istimewa

Candipuro Culture Festival

Dalam acara yang digelar tanggal 11 September 2018 ini, prosesi Grebeg Suro diselingi dengan sajian hiburan rakyat, seperti sendratari kolosal, arak-arakan jolen atau yang sering disebut arak-arakan hasil bumi, serta prosesi penanaman kepala sapi.

Sebelum dilakukan penanaman kepala sapi, dukun spiritual melakukan pemanjatan doa kepada Sang Maha Kuasa atas nikmat dan karunia alam yang melimpah. Setelah itu dilanjutkan prosesi penanaman kepala sapi di dekat sumber mata air yang ada di Hutan Bambu, dilanjutkan dengan Grebeg Gunungan hasil bumi oleh masyarakat dan wisatawan.

Dalam rangkaian Grebeg Suro di Desa Sumbermujur ini, banyak masyarakat dan wisatawan menunggu momen langka di sumber mata air. Hal tersebut ditandai dengan munculnya ikan seperti belut yang sering disebut uling oleh masyarakat setempat, ini merupakan momen langka karena jarang dan sulit untuk melihat ikan tersebut muncul dan hanya pada hajatan Grebeg Suro.

Menariknya, gelaran ini sendiri sekaligus membuka rangkaian kegiatan Candipuro Culture Festival, yang digelar Kecamatan Candipuro bersama Disparbud Lumajang untuk menghadirkan event yang mampu meningkatkan kunjungan wisata di Lumajang.

Visit Lumajang 368
#Candipuro #Hutan Bambu Sumbermujur #Seni Budaya #Disparbud Lumajang #Pemkab Lumajang #Grebeg Suro #Candipuro Culture Festival

© 2018 visitlumajang.com