Meriahnya Festival Rampak Barong di Jatigono Ternyata Tak Lepas dari Faktor ini

25 November 2019 22:54
Meriahnya Festival Rampak Barong di Jatigono Ternyata Tak Lepas dari Faktor ini Bupati Lumajang Thoriqul Haq saat hadir di Festival Rampak Barong. Foto: VisitLumajang/mko

Potensi UMKM di Desa Jatigono

"Pengerajin rampak barong dan reog di Jatigono cukup banyak, baik pemahatnya sampai pemainnya. Lewat festival ini kami ingin membangkitkan potensi UKM tersebut," kata Rudy seusai acara.

Lebih lanjut, Rudy juga mengungkapkan keinginannya untuk memfasilitasi kesenian ini, salah satunya dengan menampung seniman rampak barong dalam balutan event/festival.

"Ini agar orang tahu bahwa perkembangan kesenian ini cukup positif. Sekaligus menangkis anggapan bahwa kesenian ini hanya identik dengan anak muda yang suka minum minuman keras," imbuhnya.

Rudy ingin menegaskan bahwa seni rampak barong merupakan bagian dari seni budaya Jawa yang hidup dan berkembang di Lumajang.

Pada festival tersebut, beberapa pengerajin topeng barong dan reog menampilkan hasil karyanya di stan-stan yang disediakan panitia.

Pengunjung juga bisa membeli topeng barong dan reog yang dijual di sana, baik yang setengah jadi maupun yang sudah jadi.

Tak hanya pengerajin topeng, UKM lain di Desa Jatigono seperti pengerajin batik, alat dapur dan makanan juga diberikan ruang untuk memamerkan dan menjual produknya.

Visit Lumajang 1171
#Kunir #Seni Budaya #Event #Bupati Lumajang #Media Partner #Jember #Cak Thoriq #Desa #Bisnis, Wirausaha, Entrepreneur #Barong Lumajang #Festival Rampak Barong

© 2018 visitlumajang.com