Sejarah Hari Batik Nasional yang Perlu Kamu Ketahui

1 Oktober 2018 21:29
Sejarah Hari Batik Nasional yang Perlu Kamu Ketahui Mahasiswa STIE Widya Gama Lumajang memakai batik saat PKKMB via VisitLumajang/cat

Sejarah Panjang Batik di Indonesia

Tak hanya di Jawa, tradisi batik juga bisa ditemui di Toraja, Flores, Halmahera, dan Papua, wilayah yang minim dipengaruhi kebudayaan Hinduisme atau Buddhisme dari India.

Namun, dilansir dari National Geographic, arkeolog Belanda lain, NJ Krom, menilai bahwa batik sebelumnya juga sudah berkembang di India, khususnya pantai Koromandel. Dari India melalui jalur perdagangan, batik pun dibawa ke Indonesia.

Dengan demikian, pengaruh India itu pun terlihat dominan dalam motif batik Indonesia, terutama yang berasal dari Jawa. Motif dan ragam hias itu juga umum terlihat dalam berbagai relief yang ada di Jawa.

Di sisi lain, pengaruh China dalam seni batik Nusantara masuk sekitar abad ke-7 dan abad ke-8. Hubungan yang intens antara kerajaan-kerajaan di Jawa dengan China turut memperkenalkan motif batik yang ada pada keramik dari masa dinasti Tang.

Saat ini, penggunaan batik tidak lagi identik dengan acara-acara tradisional atau kegiataan kebudayaan. Motif batik juga sudah digunakan sebagai salah satu gaya fashion, baik untuk acara formal atau informal.

Selamatkan Budaya Warisan Nasional, Jadikan Batik Sebagai Identitas Bangsa

SELAMAT HARI BATIK NASIONAL 2018

Visit Lumajang 1177
#Lumajang #Seni Budaya #Nasional #Sejarah #Hari Batik Nasional #STIE Widya Gama Lumajang #Batik Lumajang

© 2018 visitlumajang.com