Sekolah Adiwiyata Ciptakan Kesadaran Siswa untuk Peduli Terhadap Sampah

Hari Peduli Sampah Nasional DLH Lumajang via VisitLumajang/eru

Aspek Program Sekolah Adiwiyata

Ada 4 aspek yang ada dalam Program Adiwiyata, yaitu Kebijakan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan, Kurikulum Berbasis Lingkungan, Kegiatan Berbasis Partisipatif, serta Sarana dan Prasarana Pendukung Ramah Lingkungan.

Di SMPN 1 dan SMPN 2 Sumbersuko juga diajarkan cara-cara mengelola sampah dengan baik. Tentunya dengan sistem 3R; Reduce, Reuse, Recycle berarti mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah.

berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya. Sedangkan  artinya mengolah kembali (daur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat.

Dengan mengurangi serta mengolah sampah dengan baik, setidaknya kita sudah membantu pelestarian lingkungan. Apalagi Indonesia sendiri termasuk negara dengan penghasil sampah plastik terbesar nomor 2 di dunia.

Selain kedua SMP tersebut, Sekolah Adiwiyata yang ikut berpartisipasi dalam pameran ini adalah MTsN Lumajang, SMPN 1 Tekung, SMPN 2 Sukodono dan SMAN 1 Kunir. Jangan lupa 3R ya Rek! .