Selamat Datang di Goatzilla Farm & Cafe

31 Maret 2017 13:10
Selamat Datang di Goatzilla Farm & Cafe Peternakan kambing di Goatzilla Farm & Cafe (VisitLumajang/fns)
Intro 1 2 3 4 5

Tantangan terbesar

Di Senduro sebenarnya banyak kelompok ternak, paguyuban atau pengepul susu. Namun belum banyak yang fokus di pemerahan susu, setidaknya hanya 10%, sedangkan sebagian besar sisanya adalah untuk diambil dagingnya.

Goatzilla: Kami juga mengadakan pelatihan belajar untuk kelompok tani khususnya mitra kami, tentang peternakan kambing perah dan pembuatan produk olahan susu.

VisitLumajang: Lalu apa tantangan terbesarnya?

Goatzilla: Kalau dulu tantangan kami adalah belajar otodidak, baik dari video tutorial maupun belajar langsung kepada beberapa ahli. Kalau sekarang adalah perihal perijinan. Apalagi untuk dijual secara bebas ke ritel, produk susu harus mengantongi ijin BPOM/MD, minimal kami harus punya pabrik untuk memenuhi kualifikasi tersebut.

VisitLumajang: Wah! Bakal bikin pabrik dong ini?

Goatzilla: Insyallah mas, targetnya bikin pabrik kecil agar bisa lolos uji BPOM, apalagi kami yakin permintaan luar negeri untuk susu kambing juga terus naik. Harapannya peternak-peternak di sini juga ikut merasakan keuntungan yang lebih baik dari produksi susu mereka.

VisitLumajang: Bagaimana dengan daya dukung pemerintah?

Goatzilla: Sejauh ini beberapa pihak dari unsur pemerintah telah membantu kami. Seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan, terakhir kami diajak pameran di Surabaya. Untuk Dinas Peternakan juga Pertanian, support-nya kepada kami sebagai peternak. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan juga beberapa kali mampir dengan membawa serta tamunya, untuk membeli produk kami.

Dnadyaksa Tirtapavitra 5053
#Senduro #Pelajar & Mahasiswa #Goatzilla Farm #Susu #Kambing #Peternakan

© 2018 visitlumajang.com