Demi Penyelamatan Situs Biting, Masyarakat Lumajang Rame-Rame Kerja Bakti

28 Februari 2018 19:18
Demi Penyelamatan Situs Biting, Masyarakat Lumajang Rame-Rame Kerja Bakti Kerja bakti warga di Situs Biting Lumajang (28/02) via MPPMT

Rabu pagi (28/02), puluhan elemen masyarakat Lumajang baik dari pemerintah (Dinas PU, Disparbud, BPBD, Kecamatan, Perangkat Desa dan Pengurus RT/RW), maupun masyarakat dan LSM bahu-membahu menggelar kerja bakti di Situs Biting, Ds. Kutorenon, Sukodono. Mereka memasang sesek/tajuk bambu dan karung pasir untuk menahan laju air. Ini dilakukan untuk mengantisipasi banjir yang beberapa sempat menerjang menara pengawas (Pengungakan) di kawasan tersebut.

Sebagai bagian yang tersisa dari situs benteng bersejarah, Pengungakan menjadi perhatian penting para pemerhati sejarah belakangan ini. Ini karena tiap tahun bangunan tersebut mengalami kerusakan karena faktor alam. Hal tersebut juga menjadi perhatian Deddy Firmansyah dari DPRD Lumajang yang ikut serta pada kegiatan itu.

Kepedulian terhadap situs bersejarah ini juga ditunjukkan oleh (Plt) Bupati Lumajang Buntaran Suprianto, yang datang meninjau kawasan ini sehari sebelumnya bersama Disparbud Lumajang. Dari kegiatan ini, Mansoer Hidayat dari LSM Masyarakat Peduli Peninggalan Majapahit Timur (MPPMT) berharap akan ada langkah bersama untuk merawat dan melestarikan Situs Biting dan situs bersejarah lain di Lumajang.

"Saatnya anak-anak keturunan Arya Wiraraja bersatu padu untuk berbakti pada leluhurnya," kata Mansoer Hidayat dari LSM MPPM Timur di tengah kegiatan kerja bakti tersebut.

Lutfia Amerta Sanjiwani 590
#Aksi & Kegiatan Sosial #Sukodono #Situs Biting #MPPM Timur

© 2018 visitlumajang.com