Gak Kuat ke Semeru? Kamu Bisa Muncak Manjah ke Gunung Lemongan

Pos Watu Gede Gunung Lemongan. Foto via @candualam

Pendakian Sebenarnya Dimulai dari Watu Gede

Dari Pesanggrahan menuju Pos 1 yang dikenal dengan , rata-rata pendaki menghabiskan waktu 1 jam. Watu Gede merupakan area lapang dengan sebongkah batu besar sebagai tetenger di sana.

Tempat ini bisa menampung 5 - 7 tenda ukuran sedang. Tidak ada sumber mata air di sini, jadi pastikan perbekalan kamu cukup. Tak jarang mereka yang gak pengen muncak hanya bermalam di pos ini.

Dari Watu Gede, barulah pendakian sebenarnya dimulai. Menuju Pos 2 . Trek awal berupa bebatuan kecil dan tanah padat dilanjut trek bercampur pasir yang lebih menanjak.

Kamu bisa beristirahat di Pos 2, sekitar 1 jam dari Watu Gede. Selepas dari sini, mulailah menyusuri berupa jalur berpasir, serta bebatuan yang cukup terjal. Jangan menyerah loh!

Sampai Pos 3 trek cukup terbuka karena hanya ditumbuhi pepohonan yang tidak terlalu tinggi. Menjelang Pos 4, vegetasi udah kembali rapat.

Pos 4 yang dikenal dengan atau  adalah area datar sempit, di tengah pepohonan. Di sini kamu bisa mengambil air untuk melanjutkan perjalanan ke Puncak Lemongan.

Pos ini dikenal sebagai Pos Guci atau Sumber Guci karena ada sebuah guci di bawah batu berlumut, yang memang disediakan untuk menampung air dari akar pohon di atasnya.