Gak Kuat ke Semeru? Kamu Bisa Muncak Manjah ke Gunung Lemongan

Puncak Gunung Lemongan Lumajang. Foto via @mas_rudi_setiawan

Menuju Puncak Lemongan

Jangan habiskan energi kamu untuk bermalasan di Sumber Guci, karena Puncak Lemongan sudah dekat. Sekitar 1 jam perjalanan dengan medannya terus menanjak dan sangat menguras tenaga.

Setelah melewati jalan setapak yang sempit, kamu akan menjumpai batu besar yang dikenal sebagai . Sampai sini berarti tak lama lagi kamu sudah sampai di Puncak Gunung Lemongan.

Jika perjalanan kamu tepat waktu, berangkat dari Pesanggrahan tengah malam, kamu akan sampai puncak pukul 5 atau 5.30 pagi. Beristirahatlah sebentar sebelum menikmati sunrise dari puncak.

Puncak Gunung Lemongan merupakan bibir kawah gunung yang sudah kering. Arealnya gak terlalu luas, hanya cukup menampung 3 - 4 tenda ukuran kecil.

Dari Puncak Gunung Fuji, Gunung Puji alias Gunung Lemongan, akan tampak pemandangan Gunung Semeru, ranu-ranu (danau) di sekitar lereng, serta Gunung Argopuro.

Biasanya pendaki hanya menghabiskan waktu di puncak sekitar 3 jam, kemudian turun kembali karena puncaknya yang panas dan terik.

Ya... Meskipun kamu pasti akan malas untuk turun, karena kerennya bentang alam di sini yang sayang untuk dilewatkan begitu aja.