Oma Kemetir, Salah Satu Daya Tarik di Loemadjang Djadoel #3

14 Desember 2017 19:07
Oma Kemetir, Salah Satu Daya Tarik di Loemadjang Djadoel #3 Oma Kemetir di Loemadjang Djadoel 9-11 Desember 2017 via VisitLumajang/dna

Hingar Bingar Loemadjang Djadoel #3 mungkin bisa kita rasakan sampai sekarang. Gimana ga' seru? Jarang-jarang kita dapat melihat orang berdandan ala tempo dulu sekaligus belajar sejarah tentang Lumajang.

Bicara soal event Loemadjang Djadoel kemarin, kru VisitLumajang.com sempat singgah ke salah satu stan peserta, yaitu stan Kecamatan Jatiroto. Kami tertarik mengunjungi stan ini karena tak lengkap rasanya bicara soal Lumajang jika tak bicara tentang Jatiroto.

Jatiroto terkenal dengan pabrik gulanya, yakni PG Djatiroto. PG Djatiroto merupakan salah satu dari 2 pabrik besar di Lumajang yang merupakan peninggalan kolonial Belanda. Jika kita lihat dari depan, stan Kecamatan Jatiroto di Loemadjang Djadoel ini akan mengingatkan kita pada nuansa Belanda di masa lalu.

Begitu kami berbincang dengan mas-mas berpakaian ala meneer di stan ini, benar saja, ternyata Oma Kemetir merupakan bagian tak terpisahkan dari sejarah perkebunan tebu yang ada di Jatiroto. Dijelaskan oleh Hadi dari Kecamatan Jatiroto, Kemetir adalah tingkatan pejabat perkebunan di atas Sinder. Bisa dikatakan Kemetir merupakan sebutan bagi penguasa wilayah perkebunan di era kolonial Belanda.

Dnadyaksa Tirtapavitra 866
#KWT Lumajang #Loemadjang Djadoel

© 2018 visitlumajang.com