Pahlawan Besar Imam Soedja'i Dibahas "Panas" di Malang oleh Tokoh-Tokoh Nasional

24 Februari 2020 13:29
Pahlawan Besar Imam Soedja'i Dibahas Unsur TNI dan perwakilan organisasi saat berfoto bersama. Foto: VisitLumajang/dna

Imam Soedja'i, Panglima Divisi Untung Suropati

BKR Malang inilah berhasil merebut Lapangan Terbang Bugis yang sekarang menjadi Bandara Abdul Rachman Saleh Malang. 25 Januari 1946 BKR berubah menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR).

Ada 10 divisi TKR di Jawa, BKR Malang menjadi Divisi VIII/Untung Suropati, Imam Soedja'i menjadi Komandan Divisi berpangkat Jenderal Mayor.

23 Mei 1946 diadakan perubahan divisi di Jawa dan Sumatera. 10 divisi di Jawa dirampingkan jadi 7 divisi. Divisi VIII/Untung Suropati menjadi Divisi VII, komandannya tetap Jenderal Mayor Imam Soedja'i.

Divisi VII/Suropati TRI yang wilayahnya meliputi Malang - Besuki ini manjadi salah satu cikal bakal berdirinya Kodam V/Brawijaya.

Sejarah singkat tentang kepahlawanan Mayjend Imam Soedja'i ini diangkat dalam acara Sinau Sejarah: Mengawal Malang Sedari Pendudukan Jepang hingga Revolusi, Sabtu 22 Februari 2020.

Acara yang digelar di Museum Mpu Purwa Malang ini menghadirkan Mansur Hidayat, M.M., penulis buku Mayor Jenderal Imam Soedja'i: Sumbangsih untuk Pergerakan Rakyat dan Revolusi Indonesia.

Beberapa tokoh juga hadir sebagai pembicara, antara lain Tinton Soeprapto (Ketua Umum Yayasan PETA), Dr. Aji Dedi Mulawarman (Ketua Yayasan Rumah Peneleh) dan Pipit Anggraini (Jurnalis MalangTimes).

Visit Lumajang 2704
#Afdeeling Loemadjang & Masa Kolonial #Malang #Sejarah #Forum Diskusi #Pencak Organisasi #Imam Soedja'i

© 2018 visitlumajang.com