Pahlawan Besar Imam Soedja'i Dibahas "Panas" di Malang oleh Tokoh-Tokoh Nasional

24 Februari 2020 13:29
Pahlawan Besar Imam Soedja'i Dibahas Bersama perwakilan keluarga besar Imam Soedja'i. Foto: VisitLumajang/dna

Pahlawan Besar yang Namanya Tenggelam

Dalam paparannya Mansur Hidayat menyebut literatur tentang Imam Soedja'i masih sangat jarang, padahal jika ditelisik lebih lanjut, jasanya sangat besar dalam mewujudkan Kemerdekaan RI.

"Saya mencari referensi ke keluarga besar Imam Soedja'i, sampai menyusuri arsip-arsip militer beliau baik di Kodam, Museum Brawijaya, Pusat Studi Militer dan perpustakaan nasional," ungkap Mansur.

Diungkapkan Mansur, nama Imam Soedja'i sempat terkubur dimungkinkan karena perang kepentingan di antara tokoh-tokoh nasional pada masa itu.

Tinton Soeprapto, tokoh nasional yang turut memberikan sumbangsih besar pada Museum PETA di Bogor dalam acara tersebut bahkan menuntut sejarawan dan keluarga besar Imam Soedja'i.

"Saya ini menuntut sejarawan dan keluarga besar Imam Soedja'i, ayo sama-sama terus mengingatkan masyarakat atas jasa para pahlawan ini," ungkap Tinton.

Anak cucu Imam Soedja'i yang turut hadir dalam acara tersebut mengaku terharu atas kegiatan ini, seperti diungkapkan Prof. A. Yusuf Imam Suja'i, putra ketiga Imam Soedja'i.

Lewat kegiatan ini, Agung H. Buana, moderator acara yang juga Sekretaris TACB Kota Malang mengharap dapat memupuk nasionalisme masyarakat dan mengingatkan akan pentingnya sejarah.

FEATURED VIDEO: Bedah Buku Mayjend Imam Soedja'i di Lumajang

Visit Lumajang 2702
#Afdeeling Loemadjang & Masa Kolonial #Malang #Sejarah #Forum Diskusi #Pencak Organisasi #Imam Soedja'i

© 2018 visitlumajang.com