Punden Berundak di Situs Kandangan Senduro

2 Juni 2020 17:37
Punden Berundak di Situs Kandangan Senduro Pura pemujaan (Sanggar) di Situs Kandangan Senduro via @igammarendraa

Punden berundak yang ada di Situs Kandangan merupakan salah satu tempat pemujaan kuno yang berada di lereng Gunung Semeru.

Terletak di Desa Kandangan Kecamatan Senduro, situs ini berada di areal seluas 5 hektar. Masyarakat sekitar biasa menyebut situs ini dengan sebutan Sanggar.

Situs ini juga merupakan persembahyangan umat Hindu dan ritual bagi masyarakat sekitar, yang biasa digelar pada bulan purnama atau Tilem.

Selain itu Situs Kandangan ini juga dijadikan tempat ritual Unan-Unan yang diperingati setiap 5 tahun sekali berdasarkan kalender masyarakat Hindu Tengger.

Situs Kandangan ini berbentuk undak-undak batu, di mana di sekitarnya juga banyak berserakan lempengan batu. Lempengan batu tersebut berbentuk meja batu, dan batu tegak (Menhir).

Bangunan batu tersebut diperkirakan berasal dari masa prasejarah era Megalitikum. Ada sekitar lima batu besar yang disakralkan dan masing-masing diberikan nama sesuai kepercayaan.

Antara lain Wadung Prabu (Menhir), Tejokusumo (Menhir menyerupai phallus, sering juga disebut Lingga Siwa), Mbah Pikulun (Meja batu), Selo Gending (Meja batu), Selo Gedang (Meja batu).

FEATURED VIDEO: Pawai Ogoh-Ogoh Warga Hindu di Senduro

Lutfia Amerta Sanjiwani 2247
#Gunung Semeru #Senduro #Lamajang Tigang Juru #Candi #Situs Kandangan #Hindu #Cagar Budaya #Suku Tengger

© 2018 visitlumajang.com