Ternyata ada Beberapa Varian Durian Unik di Lumajang

3 Februari 2020 15:56
Ternyata ada Beberapa Varian Durian Unik di Lumajang Durian Kembang dari Pasrujambe Lumajang. Foto: VisitLumajang/dna

Durian Kembang Khas Lumajang

Sekitar 6 tahun lalu, Sigit Purwanto dari Durian Traveller Indonesia pernah menjelajahi Lumajang untuk mencari varietas durian unik di Lumajang.

Di Lumajang, Sigit sempat menemukan pohon durian tua yang diduga adalah induk durian Bajul. Durian Bajul sendiri bentuknya besar, dengan warna daging oranye kecokelatan dan rasanya yang enak.

Sekitar tahun 2018, mendadak viral durian Kembang dari Gucialit. Durian ini unik karena ada bunga di dalam durian, tepat di tengah-tengah daging durian.

Dengan rasanya yang legit, ada pahit dan manis serta sedikit aroma bunga. Durian Kembang dari Gucialit ini lebih eksotik daripada jenis durian Kembang yang ditemukan di daerah-daerah lain.

"Durian Kembang dari Gucialit bunga di dalamnya benar-benar persis durian. Tidak seperti durian Kembang di tempat lain yang lebih mirip bunga kelapa. Rasanyapun lebih kuat," ujar Rahmad.

Mabuk Durian merupakan event yang dihelat oleh Republik Durian Lumajang, dengan tujuan mengenalkan potensi durian Lumajang kepada masyarakat, khususnya masyarakat dari luar Lumajang.

Niken Suyanti, penggagas acara ini mengatakan peserta dibatasi 50 orang. Beberapa secara antusias datang dari luar kota, di antaranya Surabaya, Malang, Mojokerto, Jember dan Pasuruan.

FEATURED VIDEO: Makan Durian Sepuasnya Cukup Bayar 99 Ribu

Visit Lumajang 1407
#Pasrujambe #Gunung Semeru #Gucialit #Event #Durian #Komunitas #Lumajang Eksotik #Republik Durian Lumajang

© 2018 visitlumajang.com