Ngaji On The Road Cara Asik Ngabuburit Ala Santri

Para santri yang sedang mengaji di sekitaran trotoar Alun-alun Lumajang. Foto: Visit Lumajang/Ahmad

Mengaji Bisa Di Mana Saja

"Seneng bisa ikut ngaji disini, saya sudah 4 hari ini setiap sore kesini buat ngaji," kata Yasmin pada Selasa sore, 4 April 2023.

Sementara itu, Aris Pramono, Sekretaris Ponpes Bahrusysyifa mengungkapkan bahwa kegiatan Ngaji On The Road dilakukan setiap sore dimulai dari pukul 4 sore hingga mendekati waktu magrib.

Menurut Aris, kegiatan mengaji yang dilakukan di trotoar jalan ini sudah terbiasa dilakukan ketika memasuki bulan suci Ramadhan.

Aris menambahkan bahwa selain bertujuan untuk ngabuburit, Ngaji On The Road juga bagian dari syiar untuk memperkenalkan kepada masyarakat bahwa ngaji bisa dilakukan di segala tempat dan kondisi.

Metode ngaji seperti ini dilakukan juga untuk memberitahukan bahwa belajar mengenai agama tidak selaku di tempat ibadah seperti masjid maupun mushola.

"Ini juga sebagai syiar kepada masyarakat bahwa ngaji itu bisa dilakukan dimana saja,” katanya. “Jadi sengaja kita pilih habis Ashar biar ngabuburitnya bisa lebih bermanfaat," jelas Aris.

Kegiatan positif seperti ini sangat amat patut untuk ditiru. Harapannya Ngaji On The Road bisa memberikan stimulan untuk kita tetap mengaji dan meningkatkan pengetahuan agama kapan pun dan di mana pun.