Upacara Sumpah Pemuda di Ranu Kumbolo? Seru dan Menantang!

Upacara Sumpah Pemuda 2018 di Ranu Kumbolo via VisitLumajang/dna

Event Rutin Setiap Tahun

"Berbagai komunitas ikut pada upacara ini, termasuk pecinta alam yang dari luar Lumajang juga turut menyampaikan rasa bangga atas kegiatan tersebut. Harapannya mereka bisa menyampaikan kepada khalayak bahwa Lumajang punya kebanggan atas digelarnya upacara Sumpah Pemuda di Ranu Kumbolo ini," tambahnya.

"Setelah upacara ini seluruh peserta juga akan membersihkan area sekitar untuk dibawa turun jadi tidak ada satupun sampah yang tertinggal," jelas Kapt. Siswoto.

Seperti dirilis LumajangTIMES, Ekspedisi dan Upacara Sumpah Pemuda Ranu Kumbolo tidak sekedar upacara, namun juga membawa misi memperkenalkan keindahan panorama Ranu Pane dan Ranu Kumbolo.

Setelah upacara, pihak Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) juga melakukan penanaman bibit pohon cemara di area Ranu Kumbolo. Penanaman pohon ini merupakan salah satu agenda tahunan TNBTS, yang dilaksanakan setiap peringatan Hari Sumpah Pemuda.

"Ada 200 bibit cemara yang ditanam untuk mencegah erosi di Tanjakan Cinta terutama saat hujan," ungkap Agung Siswoyo, Kepala Resort PTN Wilayah Ranupani.