Jurnalistik itu Mendidik dan Mencerdaskan Pembacanya

25 November 2019 03:50
Jurnalistik itu Mendidik dan Mencerdaskan Pembacanya Deklarasi GSNI Komisariat SMK PGRI Lumajang dan Diklatsar 2. Foto: VisitLumajang/nyo

Jurnalistik di Era Milenial

Alumnus Universitas Panca Marga Probolinggo tersebut memaparkan sejumlah cara penggalian informasi, baik melalui wawancara, reportase maupun investigasi.

Pada diklat siang itu, hadir juga Pawitra Huda Pradana, Redaktur VisitLumajang.com yang menekankan bahwa di era sekarang, prinsip jurnalistik juga bisa diterapkan di media sosial.

"Penyampaian berita gak hanya tulisan di media online atau cetak, media sosial seperti Facebook atau Instagram juga bisa dimanfaatkan untuk penyebaran produk jurnalistik," ungkapnya.

Dengan berkembangnya organisasi GSNI di Lumajang, diharapkan anggotanya memiliki dasar jurnalistik agar dapat menyebarkan informasi terkini, minimal tentang kegiatan sekolah atau organisasi GSNI.

"Meskipun disampaikan melalui media sosial, selama ada unsur 5W + 1H, isinya berupa fakta, objektif dan kelengkapan informasi lainnya, itu sudah merupakan produk jurnalistik," imbuhnya.

Pada kesempatan siang itu, kedua narasumber secara bergantian juga menyampaikan pentingnya memilih sudut pandang (angle) berita.

Dengan memilih angle yang menarik, minat orang untuk membaca dan menyebarkan informasi yang disampaikan akan semakin luas.

FEATURED VIDEO: Pentingnya Media Sosial untuk Menunjang Pariwisata Desa Boreng

Visit Lumajang 821
#Lumajang #Pelajar & Mahasiswa #GSNI Lumajang #Media Partner #Probolinggo #Nasionalisme #Pendidikan #Pers & Jurnalistik

© 2018 visitlumajang.com