Mengenal Baobab, Pohon asal Madagaskar yang Bibitnya Ditanam di Gunung Lemongan

1 Maret 2020 10:48
Mengenal Baobab, Pohon asal Madagaskar yang Bibitnya Ditanam di Gunung Lemongan Penanaman bibit pohon Baobab di lereng Gunung Lemongan. Foto via Laskar Hijau

Konservasi di Lereng Lemongan

Tim Pembibitan Laskar Hijau yang dikoordinir oleh Ahmad Doyum, saat ini telah mengembangkan seratusan lebih pohon ini untuk ditanam di Gunung Lemongan.

Diungkapkan bahwa bibit pohon sejenis juga dikembangkan di beberapa lokasi konservasi Laskar Hijau di Banyuwangi, Probolinggo dan Sumenep.

Pohon Baobab ini memang banyak terdapat di daerah Madagaskar, daratan Afrika, dan merupakan tanaman endemik.

"Satwa liar seperti gajah, jerapah dan singa biasa berteduh dan mencari makan di bawah pohon ini," ungkap Herry Porwanto Syaroni, warga Lumajang yang bekerja di Kongo, Afrika.

Herry yang juga terlibat dalam kegiatan penanaman ini punya harapan yang sama dengan Laskar Hijau, yakni agar pohon ini bisa tumbuh subur di Gunung Lemongan.

Ini agar konservasi yang mereka lakukan selama ini mampu menjadi daya dukung ekologis yang mumpuni bagi kehidupan masyarakat di Lumajang dan sekitarnya.

Menjaga lingkungan dan alam adalah tugas kita bersama. Bukan saatnya lagi bersikap acuh kepada alam yang kita tinggali setiap hari.

FEATURED VIDEO: Aksi Bersih Kali Asem HPSN 2020

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Lumajang (@visitlumajang) on

Visit Lumajang 990
#Klakah #Ranuyoso #Gunung Lemongan #Laskar Hijau #Pemuda & Masyarakat

© 2018 visitlumajang.com