Meriahnya Festival Rampak Barong di Jatigono Ternyata Tak Lepas dari Faktor ini

25 November 2019 22:54
Meriahnya Festival Rampak Barong di Jatigono Ternyata Tak Lepas dari Faktor ini Festival Rampak Barong di Desa Jatigono, Kunir, Lumajang. Foto: VisitLumajang/mko

Sarasehan Budaya

"Saya sendiri antusias menggelar acara ini karena warga juga semangat. Anggaran dari Dana Desa untuk pelaksanaan festival ini sebenarnya tidak seberapa, sisanya dibantu gotong royong warga," tandasnya.

Di Desa Jatigono sendiri, anak-anak kecil dan pemuda sudah banyak yang berlatih rampak barong. Di sini kesenian barong bisa jadi wadah yang positif bagi anak muda dalam kegiatan kesenian.

Masih dalam rangkaian Festival Rampak Barong, panitia juga mengadakan Sarasehan Budaya dengan mengundang seniman-seniman barong Lumajang dan Jember.

Sarasehan ini menjadi forum komunikasi sesama seniman. Dari sini diharapkan koordinasi antar seniman tidak terputus, bahkan ke depannya akan digelar event yang lebih besar lagi.

"Dalam sarasehan tersebut, kami juga membahas pakem gerakan rampak barong. Dari pakem gerakan yang sama nantinya akan disebarkan oleh masing-masing seniman di wilayahnya," tambah Rudy.

Lewat VisitLumajang.com, Rudy mewakili panitia Festival Rampak Barong juga mengucapkan terimakasih atas dukungan segenap pihak yang mendukung pelaksanaan acara ini.

"Terimakasih kepada warga Desa Jatigono, seniman barong se-Kabupaten Lumajang, pegiat kebudayaan, Pemkab yang turut mendukung pelaksanaan acara ini," tandasnya.

FEATURED VIDEO: Festival Rampak Barong Lumajang

Visit Lumajang 1162
#Kunir #Seni Budaya #Event #Bupati Lumajang #Media Partner #Jember #Cak Thoriq #Desa #Bisnis, Wirausaha, Entrepreneur #Barong Lumajang #Festival Rampak Barong

© 2018 visitlumajang.com