SCS Smaga Susuri Jejak-Jejak Bunker Jepang di Lumajang

26 Desember 2016 09:43
SCS Smaga Susuri Jejak-Jejak Bunker Jepang di Lumajang Kondisi bunker via Yopi Aris/SCS

Menurut catatan sejarah, Lumajang merupakan salah satu area penting di masa pendudukan Jepang di Indonesia. Hal itu dapat terlihat dari banyaknya bunker yang sebagian masih dapat kita lihat hingga sekarang ini.

Untuk mengenalkan siswa pada jejak-jejak penjajahan Jepang di Indonesia khususnya di Lumajang, Study Club Sejarah (SCS) SMA Negeri 3 Lumajang mengunjungi beberapa bunker peninggalan Jepang yang ada di Lumajang.

Diikuti kurang lebih 20 anak anggota SCS, perjalanan diawali dari bunker-bunker yang tersebar sepanjang pesisir selatan. Mulai daerah Yosowilangun hingga Pasirian dan berakhir di bunker yang berada di lereng Gunung Tambu.

"Di tanggal 8 Maret 1942 terjadi penyerahan kekuasaan dari Belanda kepada pemerintahan Jepang. Sejak saat itu tentara Belanda yang dibantu Sekutu kehilangan kekuasaan atas Indonesia dan mengundurkan diri ke Australia. Untuk pengamanan dan pertahanan Jepang, dibangunlah bunker-bunker sebagai pertahanan di kawasan selatan Pulau Jawa," ungkap Drs. Joni, M.Pd., Pembina SCS SMA Negeri 3 Lumajang (Smaga).

Yopi Aris Widiyanto 3431
#Kunir #Tempeh #Pelajar & Mahasiswa #Smaga Lumajang #Yosowilangun #Pasirian #Tempursari

© 2018 visitlumajang.com