Lumajang Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Wisata Kali Sejuk

Pengunjung saat berfoto di Kali Sejuk Purwosono. Foto via @visitlumajang

Kali Sejuk Tingkatkan Ekonomi Warga Desa

Dalam kesempatan ini, Forkopimda juga melepasliarkan sejumlah burung persembahan komunitas Pelestari Burung Indonesia Cabang Lumajang.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq dalam sambutannya mengatakan, bahwa wisata Kali Sejuk sekarang punya daya manfaat yang lebih.

Di mana tempat yang dulunya tidak menghasilkan income ekonomi sama sekali, sekarang sudah bisa menghasilkan income ekonomi ratusan juta dalam kurun waktu tiga bulan.

"Tinggal meneruskan konsepsinya saja. Tepian tebing sungai ini ditanami tanaman, ini yang saya kira menjadi potensi lebih," ungkap Cak Thoriq, sapaan akrab Bupati Lumajang.

"Semoga nantinya wisata ini menjadi tatanan baru pariwisata dengan konsep paket kegiatan masyarakat yang bisa berkesinambungan," imbuh Bupati Lumajang Thoriqul Haq.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati menyampaikan bahwa wisata Kali Sejuk ini luar biasa, sudah banyak tanaman namun tinggal ditambah lagi.

Pembangunan wisata di Kali Sejuk memang tidak membutuhkan modal yang besar dan dimulai dari gotong royong warga, hanya memanfaatkan bagaimana orang bisa duduk-duduk di kali dengan melihat bambu.