Bromo Ditutup Selama Kasada, Ranu Pani Pilihan Menarik Camping Bersama

Camping di Ranu Pani (22/06). Foto: Visit Lumajang/Dnadyaksa

Tarif Parkir Mobil Camping Rest Area Ranu Pani

Selain fenomena Embun Upas yang viral setiap tahunnya, Ranu Pani sendiri merupakan spot yang representatif untuk tempat berkemah, baik bersama teman atau keluarga.

Rest Area Ranu Pani yang dikelola Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, merupakan kawasan terpadu yang dilengkapi area parkir yang luas, pusat kuliner, toilet, serta beberapa gazebo yang nyaman untuk menikmati suasana.

Mereka yang berkemah bisa memarkir kendaraan sampai di tepian danau. Tak heran jika di hari tertentu terutama weekend, Visiters akan menjumpai banyak tenda beserta mobil yang terparkir di dekatnya, tepat di tepian danau yang terus mengering setiap tahunnya.

Terkadang juga dijumpai mobil camper van, yang memang telah dimodifikasi khusus untuk mendukung kegiatan berkemah. Suasana yang dulunya hanya bisa dijumpai di luar negeri.

Sebagai informasi, mobil yang parkir bermalam di Rest Area Ranu Pani dikenakan tarif Rp. 30.000 per malam, dan jika masuk sampai ke tepi danau atau di camping ground, akan dikenakan tambahan lagi sebesar Rp. 20.000 tiap mobil.

Uniknya, tidak ada karcis parkir di sini, dan yang menjaga atau menjadi operator parkir adalah warga lokal dan tidak berseragam. Mereka sekaligus bak pusat informasi berjalan, yang bisa ditanyai info penginapan, jasa ojek sampai keperluan camping.

"Tidak masalah sih meskipun tiap ke sini tidak pernah dikasih karcis parkir, ya seolah nggak resmi gitu, selama ini mereka (warga lokal, -red.) di Rest Area Ranu Pani ini ramah-ramah dan menyenangkan, masih oke kalau soal pelayanan," ungkap salah satu wisatawan.