Singgah Sejenak di Lamata Coffee, Kedai Kopi Sederhana di Sumbermujur Candipuro Lumajang

Belajar menyeduh kopi di L'amata Coffee. Foto: Visit Lumajang/Relawan Kudung Ijo

Apa sih yang terlintas saat mendengar kata Sumbermujur? Salah satu desa di Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang...

Selain dikenal dengan destinasi wisata Hutan Bambu dan Sakura Garden, Desa Sumbermujur ternyata menyimpan potensi biji kopi yang khas dengan aroma brownsugar-nya.

Kopi robusta dari Desa Sumbermujur ini, sangat cocok untuk diolah menjadi kopi tubruk atau kopi hitam. Visiters bisa menikmati citarasa kopi asli Sumbermujur di Lamata Coffee.

Meskipun baru buka, kedai ini sudah mendapat atensi tak hanya dari warga lokal, tapi juga dari penikmat kopi yang rela datang ke kedai kopi hanya untuk menikmati sajian kopi khas Sumbermujur ala Lamata Coffee.

Tak heran karena Oliv, pemilik coffeeshop ini mengambil sendiri biji kopi ceri merah dari petani setempat, menjemur, melakukan 2 kali sortasi, roasting dan mengolahnya sendiri sampai siap untuk diseduh.

Beragam menu seperti kopi gula aren, kopi robusta maupun arabika, dengan seduhan ala Vietnam drip, V60 maupun Japanese bisa Visiters nikmati di kedai kopi ini. Ada juga minuman non-kopi dan beberapa kudapan.

Suasana ala Desa Sumbermujur yang sejuk di kaki Gunung Semeru, plus lokasinya yang tepat berada di tepi sawah, bikin pengunjung betah berlama-lama di kedai kopi ini. Ada kopi bubuk khas L'amata juga yang siap dibawa pulang untuk diseduh sendiri di rumah.