Launching Kafe Warna-Warni di Tirtosari View, Diresmikan Gubernur Jatim dan Bupati Lumajang

Salah satu spot di pemandian alam Tirtosari View. Foto via @visitlumajang

Pendampingan Klinik BUM Desa Pemprov Jatim

Pendampingan meliputi pelatihan tata kelola pengembangan produk wisata, pelatihan penyusunan SOP oleh East Java Ecotourism Forum, Pelatihan CHSE (Clean, Healthy, Safety, Environment Sustainibility) oleh Disbudpar Jatim.

Kemudian pelatihan digital marketing, content production, digital branding, optimasi media sosial dan manajemen keuangan BUM Desa, serta pelatihan packaging, jejaring usaha, dan penyusunan laporan keuangan.

Kafe Warna-Warni sebagai salah satu produk wisata Tirtosari View diresmikan secara langsung oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Minggu 30 Mei 2021.

Kunjungan Gubernur dan beberapa Kepala Dinas di jajaran Pemprov Jatim ini dalam rangka Festival Wisata Desa (FWD) dan Launching Produk Wisata di Tirtosari View.

Desa wisata ini merupakan bagian dari program Klinik BUM Desa dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinas PMD) Jatim. Pada pengembangannya juga berkolaborasi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim.

Pengembangan unit usaha wisata Tirtosari View ini merupakan kolaborasi Pemprov Jatim, Pemkab Lumajang, Pemdes Penanggal, dan di Tahun 2021 ini didukung oleh PT. HM Sampoerna dan Yayasan Rumah Kita Sidoarjo.

Khofifah mengajak masyarakat sekitar terutama wisatawan untuk turut serta menjaga keindahan alam dan kelestarian yang ada di desa wisata ini. Masyarakat juga harus menumbuhkembangkan potensi di desa ini.