Ini Dia 10 Menu Kuliner Khas Lumajang Pemenang Lomba Cipta Kuliner Grup Fb Lumajang

25 Februari 2019 19:24
Ini Dia 10 Menu Kuliner Khas Lumajang Pemenang Lomba Cipta Kuliner Grup Fb Lumajang Lemet Pisang Agung via Grup Fb Lumajang/Elly
Intro 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

Lemet Pisang Agung

Pisang Agung merupakan oleh-oleh khas Lumajang yang bisa diolah menjadi berbagai bentuk menu dan jajanan. Salah satunya diolah menjadi jajanan Lemet, di mana bahan utamanya adalah pisang agung yang berukuran sedang.

Untuk bahan lainnya ada parutan singkong, tepung terigu, tepung kanji, telur, parutan kelapa muda yang dikukus, garam, gula, vanili bubuk dan beberapa pewarna kue (kuning, merah, hijau). Untuk bungkusnya dari daun pisang dan lidi. Cara bikinnya juga cukup mudah ternyata.

Pisang dikupas kemudian sisihkan. Aduk semua bahan menjadi satu kecuali pewarna makanan dan parutan kelapa. Setelah semuanya merata jangan lupa cek rasa, lalu pecah menjadi 3 bagian di mangkok atau baskom, lalu masing-masing dikasih warna sesuai selera.

Siapkan daun pisang, tata adonan 3 warna lalu atasnya dikasih pisang gulung dengan daun pisang (dibentuk seperti lontong). Kukus selama 30 menit, angkat, tunggu sampai dingin lalu diiris. Sajikan dengan kelapa parut biar rasanya lebih nendang.

Lemet Pisang Agung ini juga diangkat oleh Elly, nomor menu 004 dengan total skor 128, yang menjadi Juara 3 Lomba Cipta Menu Kuliner Khas Lumajang 2018.

Visit Lumajang 15368
#Pasrujambe #Senduro #Grup Facebook Lumajang #Lumajang #City Branding #Pisang #Wakul Bu Tjipto #Padang

© 2018 visitlumajang.com